Program Kerja

PROGRAM UMUM

PERSATUAN DAYAH INSHAFUDDIN

PERIODE 2010-2015

BAB  I

PENDAHULUAN

  1. A. PENGERTIAN
    1. Program umum merupakan pokok-pokok kebijaksanaan organisasi Persatuan Dayah Inshafuddin yang merupakan landasan strategi umum dan perwujudan dari kehendak anggota organisasi yang secara konstitusional sesuai  UU No. 44 tahun 1999, UU No. 18 tahun 2001 dan UUPA No. 11 Tahun 2006.
    2. Program umum pada hakikatnya merupakan suatu rangkaian program-program yang berkesinambungan dan menyeluruh dalam rangka merealisir tujuan organisasi Persatuan Dayah Inshafuddin, sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang tercantum dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga.
    3. Program umum merupakan rangkaian program-program untuk terciptanya kelestarian yang dinamis dari pembangunan Indinesia umumnya dan Provinsi Aceh khususnya yang berkesinambungan, serasi antara pembangunan duniawi dan ukhrawi.
    4. Program umum yang merupakan landasan dan pedoman pelaksanaan dalam segala kegiatan organisasi ditingkat pusat dan cabang dapat ditingkatkan dan disempurnakan dimasa yang akan datang sesuai dengan kebutuhan.
  1. B. MAKDUS DAN TUJUAN

Maksud dan tujuan ditetapkan Program Umum adalah untuk memberikan arahan yang tepat terhadap kegiatan-kegiatan, untuk mewujudkan tujuan organisasi Persatuan Dayah Inshafuddin yang sistimatis dan berencana sesuai dengan ajaran Islam menurut paham Ahlussunnah Wal Jama’ah dan Mazhab Imam Syafi’I RA.

C. DASAR

Program umum merupakan kebijaksanaan organisasi Persatuan Dayah Inshafuddin yang disusun berdasarkan berdasarkan Aqidah Islamiyah menurut paham Ahlussunnah Wal Jama’ah dan Mazhab Imam Syafi’ie RA, sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Persatuan Dayah Inshafuddin.

D. SISTEMATIKA

Untuk memberikan gambaran mengenai wujud program umum organisasi Persatuan Dayah Inshafuddin dalam program kerja organisasi, maka disusun sistematika sebagai berikut :

  1. Program Dasar Organisasi
  2. Program Umum Jangka Panjang
  3. Program Umum Jangka Pendek

E.  PELAKSANAAN

Program umum yang ditetapkan oleh Muktamar VII Persatuan Dayah Inshafuddin dilaksanakan oleh Pengurus Besar Persatuan Dayah Inshafuddin periode 2010-2015. Pelaksanaan dituangkan dalam bentuk rencana kerja lima tahun dan program kerja tahunan sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga serta Garis-garis Besar Kebijaksanaan Organisasi.

BAB  II

PROGRAM DAN DASAR ORGANISASI

  1. A. LANDASAN ORGANISASI

Bahwa Aceh merupakan bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia(NKRI) yang berkedaulatan rakyat telah menetapkan Pancasila sebagai Azas Negara.

Bahwa Persatuan Dayah Inshafuddin yang merupakan organisasi yang berazaskan Islam, dibidang Aqidah menganut paham Ahlussunnah Wal Jama’ah dan dalam bidang syari’at menganut  Mazhab Imam Syafi’ie RA.

  1. B. KERANGKA OPERASIONAL

Persatuan Dayah Inshafuddin dalam mewujudkan pembangunan yang serasi dan seimbang antara pembangunan mental spiritual dan pembangunan fisik material, maka kerangka operasionalnya adalah sebagai berikut :

  1. Membentuk manusia untuk menjadi hamba Allah yang sadar dan insaf terhadap kewajiban agama, guna memperoleh kebahagiaan hakiki di dunia dan akhirat.
  2. Menata, melestarikan dan mengembangkan lembaga pendidikan dayah sebagai upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan agama dan teknologi yang bermanfaat bagi anak bangsa.
  3.  Mengembangkan dakwah islamiyah yang intinya Amar Makruf Nahi Mungkar.
  4. Menanamkan kesadaran berbangsa dan bernegara serta cinta tanah air melalui pendidikan, penerangan dan dakwah islamiyah
  5. Mengembangkan usaha-usaha sosial kemasyarakatan dan kebudayaan yang sesuai dengan syariat Islam.

BAB III

PROGRAM KERJA JANGKA PANJANG

  1. Arah program umum Jangka Panjang Persatuan Dayah Inshafuddin adalah untuk membangun manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, sejahtera lahir dan batin (Hablumminallah) dan membina hubungan baik sesame (Hablumminannas).
  2. Sasaran utama program umum Jangka Panjang adalah meningkatkan kecerdasan dan penalaran umat melalui pendidikan agama dengan pembinaan yang berkesinambungan.
  3. Usaha mengorganisir pembinaan dayah agar lulusan dayah setera dengan lulusan lembaga pendidikan lainnya, sehingga dapat berkiprah sebagai motifator terhadap muslim dalam meningkatkan taraf hidup yang lebih baik.
  4. Melanjutkan dan mengembangkan Yayasan Pembina Inshafuddin hingga menjadi sebuah Dayang Manyang sekaligus berfungsi sebagai pusat pendidikan dan pengkajian Islam yang hidup dan berkembang sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  5. Mengembangkan, meningkatkan dan melestarikan system pendidikan dayah yang tetap berpatokan pada bidang aqidah, syari’ah/mu’amalah dan akhlaq.
  6. Melanjutkan dan meningkatkan pembinaan kader Inshafuddin.

BAB IV

PROGRAM UMUM JANGKA PENDEK

 Untuk mewujudkan peran serta Persatuan Dayah Inshafuddin dalam pembangunan nasional dan Provinsi Aceh serta usaha mencapai tujuan dari organisasi, maka disusun program umum yang harus dicapai dalam masa bakti 2010-2015 sebagai berikut :

A. ORGANISASI

  1. Memperluas keanggotaan dengan mendirikan dan meresmikan cabang-cabang diseluruh kabupaten/kota dan perwakilan di luar provinsi Aceh.
  2. Pemantapan Persatuan Dayah Inshafuddin dalam pelaksanaan konsolidasi sampai ketingkat kecamatan yang meliputi konsolidasi wawasan dan perkembangan program kerja.
  3. Melanjutkan usaha pengembangan dan pembinaan anggota agar semua dayah dalam wilayah Provinsi Aceh menjadi anggota Persatuan Dayah Inshafuddin.
  4. Upaya meningkatkan pendapatan sarana dan prasarana untuk kesejahteraan dayah secara keseluruhan dan mempertahankan kelangsungan hidup dan pengembangannya.
  5. Meningkatkan hubungan yang harmonis dengan organisasi seprofesi dan fungsional yang ada kaitannya dengan Persatuan Dayah Inshafuddin.
  6. Meningkatkan manajemen kerja dan system pembinaan kader Persatuan Dayah Inshafuddin dengan menin gkatkan peran HPI dalam rangka mewujudkan alih generasi kepemimpinan organisasi.
  7. Mengoptimalkan sumber daya manusia melalui pembinaan generasi muda Inshafuddin.
  8. Membentuk organisasi muslimat Inshafuddin.
  9. Pemberdayaan Lembaga Dakwah Inshafuddin.
  10. Mengusahakan lahan untuk pembangunan gedung secretariat yang representative.
  11. Membuat database dayah.

B. AGAMA DAN PENDIDIKAN

  1. Meningkatkan dan memperluas kampus Inshafuddin di jalan Tanggul No. 3 Lambaro Skep Banda Aceh menjadi semua lembaga pendidikan terpadu.
  2. Mendorong dan mendukung msyarakat yang berminat mendirikan dayah Salafiyah, Dayah Terpadu dan mengembangkan Majlis Ta’lim.
  3. Mengusahakan sumber dana untuk kader-kader Inshafuddin yang melanjutkan studinya di dalam dan luar negeri.
  4. Mengadakan kerjasama dengan Perguruan Tinggi dalam dan luar negeri serta lembaga pemerintahan.
  5. Berupaya menjaga kelangsungan hidup dayah dengan berbagai persiapan yang matang, seperti :
    1. Mengadakan diklat bagi tenaga-tenaga yang telah diasuh oleh dayah itu sendiri yang mempunyai potensi untuk menjadi pemimpin.
    2. Mengusaha agar dayah tergabung dalam Persatuan Dayah Inshafuddin.
    3. Mengadakan pelatihan para santri dibidang ekonomi dan pengembangan usaha kecil.
    4. Mengadakan pelatihan Jurnalistik kepada para santri.
    5. Membentuk panitia pelaksana pembangunan DAYAH MANYANG Inshafuddin, sebagai pusat pendidikan dan kajian Islam.
    6. Mengefektifkan kembali usaha penyeragaman kurikulum dayah dengan memperhatikan kondisi dan situasi.
    7. Mempersiapkan tenaga guru agama untuk murid SD, SLTP dan SMU.
    8. Melakukan usaha untuk menumbuh suburkan minat manghafal Al-Qur’an bagi santri.
    9. Meningkatkan pelaksanaan program wajib belajar 9 tahun (Wajar Dikdas) dan Paket A, B dan C melalui dayah.
    10. Mengusahakan untuk menulis Bibliografi propesi serta karya-karya para pemimpin dayah yang berguna untuk pengembangan ilmu pengetahuan dimasa yang akan datang.
    11. Memperingati Milad Persatuan Dayah Inshafuddin setiap tahun
    12. Melakukan evaluasi dan Verifikasi terhadap dayah dan mendorong dayah bekerjasama dengan instansi pemerintah.
    13. Mendorong Pimpinan Daerah untuk berfikir strategis dan praktis dengan tidak membiarkan dayah yang dipimpimnya kekurangan murid sehingga fasilitas tidak menjadi mubazir.
    14. Dayah Inshafuddin mengajarkan Bahasa Indonesia, Arab dan Inggris secara insentif kepada santrinya.
    15. Mendorong lahirnya buku yang ditulis oleh ulama dan pimpinan dayah.
  1. C. DAKWAH
    1. Berupaya mengirimkan tenaga penyuluh agama ke Daerah terpencil seperti daerah perbatasan bekerjasama dengan instansi pemerintah.
    2. Meningkatkan kualitas dan kuantitas para da’i dengan mengikutsertakan mereka dalam setiap latihan yang diadakan dalam usaha mengembangkan Amar Makruf Nahi Mungkar.
    3. Mengirimkan para da’i di tingkat daerah, nasional dan Internasional pada waktu-waktu tertentu secra berencana dan terorganisir.
    4. Memasyarakatkan syi’ar-syi’ar Islam dan menggalakkan kegiatan fardhu kifayah serta amal ibadah sunat lainnya.
    5. Membina dan meningkatkan kerjasama dengan lembaga-lembaga pemerintahan dan swasta yang bergerak di bidang dakwah.
    6. Mengusahakan terwujudnya PUSAT INFORMASI pada setiap dayah di Provinsi Aceh.
    7. Mengaktifkan kembali bulletin Inshafuddin dan mengusahakan terbentuknya Radio Komunitas Inshafuddin
    8. Mengupayakan terbentuknya Biro Konsultasi Hukum dan Penyuluhan Masyarakat.
    9. Turut mensosialisasikan qanun-qanun tentang syari’at Islam kepada masyarakat.
    10. Mengupayakan lulusan dayah dapat ikut berperan dalam kegiatan Wilayatul Hisbah, Baitul Mal dan bimbingan rohani di Rumah Sakit Umum.
    11. Mendorong pada da’i untuk memahami tantangan dakwah hari ini, terutama karena pengaruh media dan globalisasi.
  1. D. KESEJAHTERAAN SOSIAL
    1. Menyelenggarakan Pendidikan Keterampilan bagi santri dalam upaya menciptakan lapangan kerja bermoral Islam.
    2. Meningkatkan kerja sama dengan instansi terkait untuk mengikutsertakan para santri dalam usaha peningkatan keterampilan.
    3. Mengupayakan terbentuknya koperasi di masing-masing dayah  yang bernaung di bawah Persatuan Dayah Inshafuddin.
    4. Meningkatkan sanitasi dan perbaikan gizi santri.
    5. Mengadakan dan meningkatkan sarana-sarana pelayanan sosial bagi masyarakat dan generasi muda khususnya warga dayah.
    6. Mendorong dayah untuk mengadakan penghijauan di lingkungan dayah demi menyehatkan lingkungan.
  1. E. SOSIAL EKONOMI
    1. Mengusahakan penggalian kembali nilai-nilai budaya Provinsi Aceh yang merupakan bagian dari aset nasional yang tidak bertentangan dengan ajaran Islam.
    2. Memunculkan kembali karya besar ulama Aceh an mendorong santri dan rakyat Aceh untuk membacanya.
    3. Mendorong ulama dan santri dayah untuk menulis puisi sufistik yang menyentuh hati dan jiwa, seperti yang pernah dilakukan hamzah Fansuri.
  1. F. EKONOMI DAN KEUANGAN
    1. Mengaktifkan pengumpulan uang pangkal dan uang iuran anggota.
    2. Mengusahakan partisipasi nyata dari anggota dan simpatisan Persatuan Dayah Inshafuddin yang mampu dan potensial dalam menghidupkan donator tetap.
    3. Mengefektifkan pemberdayaan zakat, infak dan sadaqah.
    4. Membina hubungan dan kerja sama dengan lembaga-lembaga terkait di dalam dan di luar negeri dalam usaha meningkatkan kemandirian dayah.
    5. Mengupayakan terbentuknya badan/lembaga keuangan Islam di bawah binaan Persatuan Dayah Inshafuddin.
    6. Mendorong agar Dayah Inshafuddin menjadi pelopor bagi bisnis daur ulang sampah.
    7. Mendorong pimpinan dayah untuk melakukan usaha produktif, seperti perkebunan, perdagangan, peternakan dan lain-lain.
  1. G. ULAMA DAN THARIQAT
    1. Meningkatkan kerja sama dengan semua lembaga keagamaan, terutama Majelis Permusyawaratan Ulama dan Majelis Dakwah Islamiyah lainnya.
    2. Mengadakan pengembangan, pembinaan, pengkajian tentang pengamalan Thariqat Mu’tabarah, sehingga tidak menyimpang dari kemurniannya dalam ‘itiqad Ahlussunnah Wal Jama’ah.
    3. Mengusahakan sarana dan prasarana pengembangan Thariqat Mu’tabarah.

BAB V

PENUTUP

Dengan memohon Taufik dan Hidayah dari Allah SWT kiranya program kerja  yang disusun sedemikian rupa dapat terlaksana dengan baik. Berhasil tidaknya Program Umum Persatuan Dayah Inshafuddin ni, sangat tergantung kepada partisipasi seluruh anggota Persatuan Dayah Inshafuddin, Sikap mental para anggota pengurus serta kemampuan pengurus menjabarkan ke dalam program Tahunan dalam masa bhakti 2010-2015, di samping adanya bimbingan dari Majelis Syura dan juga pemerintah.

Ditetapkan di     :     Banda Aceh

Pada tanggal      :     3 Oktober 2010

Komisi Program Kerja,

Ketua,                                              Sekretaris,

(Dr.Tgk.H.Buchari Husni, MA)       (Drs.Tgk.H.Asnawi Abdullah, MA)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s