Tasyakur

Ketua PB dan Pimpinan DTI

Abi Daud Hasbi & Abati Zaini A.Hamid

 PIDATO SAMBUTAN PIMPINAN DAYAH TERPADU INSHSFUDDIN

PADA ACARA TASYAKKUR XIII 18 JUNI 2011M/16RAJAB1432 H.

 بسم الله الرحمن الرحيم

 الحمد الله الذى هدا نا لهذا * وما كنا لنهتدي لولا ان هدانا الله* اشهد ان لااله الا الله وحده لاشريك له * وأشهدأن محمدا عبده ورسوله * اللهم صلى وسلم على سيدنا محمد سيدالمصطفى* الذى ما ينطق عن الهوى ان هو الا وحي يوحى* وعلى اله وصحبه ذاو الهدى * من شبهوا بأنجوم فى الاهتدا * أما بعد

ربناأوزعنا أن نشكر نعمتك التى أنعمت علينا وعلى والدينا *وأن أعملنا صالحا ترضاه * وأدخلنا فى عبادك الصالحين  * وكن أخى للمبتدى مسامحا * وكن لاصلاح الفساد ناصحا * العذر حق واجب للمبتدى * سبحانك لاعلم لنا الا ما علمتنا انك أنت العليم الحكيم * صدق الله العظيم .

Kata-kata kemulian kami kepada :

Al-Shaahibul Faadhilah Abu-Abu Para Alim Ulama.

Yang Amat Berhormat  Bapak  Drh. H. Irwandi Yusuf Gubernur Aceh atau yang mewakilinya.

Yang Berbahagia Bapak Pangdam Iskandar Muda atau yang mewakilinya

Yang Berbahagia Bapak Kapolda Aceh atau yang mewakilinya

Yang Terhormat :

  1. Unsur Muspida Aceh Muspida Plus
  2. Bapak Kajati Aceh
  3. Bapak Ketua DPRA
  4. Al-Shaahibul Faadhilah Ketua MPU Aceh
  5. Bapak Ketua Mahkamah Syari’ah  Aceh
  6. Bapak Rektor Universitas Syiah Kuala
  7. Bapak Rektor IAIN Jami’ah Ar-Raniry
  8. Bapak Wali Kota /Ibu Wakil wali Kota Banda Aceh
  9. Bapak-bapak Sesepuh Pembina Inshafuddin
  10. Bapak Ketua Umum Pengurus Besar Inshafuddin
  11. Bapak Ketua Umum Yayasan Pembina Inshafuddin
  12. Bapak-Bapak Kepala Dinas Provinsi Aceh
  13. Bapak kepala Dinas dan Instansi Pemerintah Kabupaten/Kota Banda Aceh
  14. Bapak Kanwil Kementrian Agama Provinsi Aceh
  15. Bapak Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Banda Aceh.
  16. Para Tetamu Undangan, Ibu Bapak, Wali pelajar
  17. Bapak  Ibu Kepala SMP,SMA, Guru dan Staf
  18. Kepala Salafiyah ,Ustaz-Ustazah dan staf
  19. Panitia Pelaksana TASYAKKUR XIII Tahun 2011  Dayah Terpadu Inshafuddin
  20. Anak-anak rohani Kami para Pelajar Wisudwan dan Wisudwati Yang sangat disayangi dan amat Kami banggakan.

Bapak Gubernur atau yang mewakilinya dan hadirin sekalian

Pada kesempatan yang baik ini  kami atas nama Pimpinan dan Pengurus Dayah Terpadu Inshafuddin Banda Aceh melaporkan kepada kepada Bapak Gubernur bahwa  :

Pelaksanaan Tasyakkaur XIII Tahun 2011 Dayah Terpadu Inshafuddin Banda Aceh, Adalah berdasarkan hasil Keputusan Musyawarat bersama Pengurus Dayah Terpadu Inshafuddin pada tanggal 10 Mei  2011 M. ٍSudah menjadi program tetap (protap) Dayah Terpadu Inshafuddin Banda Aceh, pada  setiap tahun diadakan Tasyakkur, untuk Tasyakkur Ke- XIII  Tahun 2011 ini diadakan serangkaian kegiatan aneka lomba bersempena dengan Tasyakkur tersebut, hari puncaknya  disepakati dan ditetapkan pada Hari Sabtu Tanggal 16 RAJAB 1432 H bertepatan dengan tanggal 18 Juni  2011 M.(hari ini).

PROFIL DAYAH TERPADU INSHAFUDDIN

Dayah Terpadu Inshafuddin Banda Aceh adalah diasaskan oleh Para Tokoh Ulama Aceh Yang tergabung dalam Persatuan Dayah Inshafuddin  Organisasi tersebut didirikan di Seulimum,Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Derah Istimewa Aceh, pada Tanggal 05 Zulqaidah 1388 H.Bertepatan dengan tanggal 04 Februari 1968 M. Di bawah pimpinan Tgk.H. M. Daud Zamzami

Pada tahun 1976 M. Pendidikan SMP dan SMA Inshafuddin dengan resminya menjadi bahagian dari Pendidikan yang dikelola Organisasi Persatuan Dayah Inshafuddin Provinsi Aceh .

Ketua Umum   : Tgk.H.M.Daud Zamzami

Wakil                : Drs.Tgk.H.Ismail Yacob

Sekretaris        :  Drs.Tgk.H.Hasyim Daud MM

Anggota            :  Drs.Tgk.H.Sulaiman Jalil

:  Drs Tgk. H. Idris Mahmudy

:  Dan lain-lain.

Pada tahun 1979 Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Aceh di bawah kepimpinan Bapak Prof.Dr.H.A.Majid Ibrahim Gubernur Daerah Istimewa Aceh ketika itu, telah menghibahkan tanah seluas 7000 m2 sebagai tempat penyelenggaraan pendidikan tingkat SMP dan SMA Di bawah kelolaan Persatuan Dayah Inshafuddin Aceh.

Pada tanggal 17 Juli 1998

Hasil Musyawarat bersama para tokoh Ulama Inshafuddin mengambil keputusan untuk mendirikan Dayah Terpadu Inshafuddin Aceh, terpilih Sebagai pimpinan adalah Drs.Tgk.H.Nasruddin Daud (Alm).

Beliaulah pimpinan pertama Dayah Terpadu Inshafuddin. Beliau sempat memimpin Dayah Terpadu selama 3 tahun (1998  hingga  2001 ). Setelah beliau berpulang kerahmatullah Pimpinan Dayah Terpadu Inshafuddin Aceh silih berganti.

Pada tanggal 17 Juli 2001 M

Dayah Terpadu Inshafuddin dipimpin oleh : Drs.Tgk. H. M.Daud Hasbi M.Ag

Wakil Pimpinan         : Tgk. Tarmizi M.Daud M.Ag

Sekretaris                    : Drs. Tgk. Burhanuddin MK

Bendahara                   : Zahara Fonna ST

Beliau sempat memimpin Dayah Terpadu Inshafuddin selama 6 tahun (2001 s/d 2007 M).

Pada Tgl 12 Februari 2008 M.

Telah berlaku perubahan kepimpinan Dari Drs.Tgk.H.Daud Hasbi M.Ag kepada Drs.Tgk.Adli Al-Maddany Al-Hajj S.Pd.

Sekretaris                     : Drs.Tgk.Burhanuddin MK.

Wakil                            : Noviandi

Bendahara                   : Ustazah Juwairiyah ST

Pembantu Umum        : Tgk. Tarmizi M.Daud M.Ag

Pada tgl 8 Juli 2008 M

Berdasarkan kepada Surat Keputusan Pembina Yayasan Inshafuddin No. 04 tahun 2008 tentang pengelolaan dan pengurusan Dayah Terpadu Inshafuddin Banda Aceh, maka telah dilakukan pengalihan pimpinan sementara dari Drs.Tgk.Adli AlMaddany Al-Hajj S.Pd kepada Dra. Nur’ani Muhammad M.Ag selaku Pelaksana Tugas harian  Pimpinan Dayah Terpadu Inshafuddin, yang dibantu oleh :

Kepala Tata Usaha                  : Drs.Tgk. H. Abdullah Usman

Kepala Bidang Bahasa            : Ust Suhadi Loksma, Lc

Kepala Bidang Kepelajaran    : Ust Muhiburrahman, S. Pd. I

Kepala Bidang Humas            : Drs. Tgk. Tarmizi M Daud, M. Ag

Kepala Bidang Pengasuhan    : Tgk Amiruddin M Nur

Bendahara                               : Tgk H Said Agus

Beliau berdua sempat berkhidmat  masing –masing  satu tahun (2007 s/d 2008 M.

Sesuai dengan Surat Keputusan Yayasan Pembina Inshafuddin Banda Aceh No 04 Tahun 2009 Tanggal 11 Januari 2009 tentang pengurus/pengelola Dayah Terpadau Inshafuddin Banda Aceh,  adalah dipimpin oleh : Drs.Tgk.H.Zaini Abdul Hamid MA. Dibantu oleh seorang Wakil Pimpinan Bagian Salafiyah yaitu Drs. Tgk Burhanuddin MK, Seorang Wakil Pimpinan Bagian SMA yaitu Dra. Hj. Nurnismah, Seorang wakil pimpinan bagian SMP yaitu Bapak Saifullah, S. Pd.

Adapun aktivitas dan kegiatan- belajar mengajar dan ektrakurikuler dan ibadah di Dayah Terpadu Inshafuddin Banda Aceh berjalan lancar.  semua ini adalah berkat ketabahan, kesabaran, keikhlasan yang tulus dan kerjasama yang gigih semua pihak guru-guru dan Ustaz-ustazah. Ibu kepala SMP dan dewan guru, Ibu Kepala SMA dan dewan guru, staf dan waris pelajar semua mereka memberikan sokongan yang padu, demi kesuksesan dan kedisplinan kegiatan bela jar mengajar di Dayah Terpadu Inshafuddin.

Dayah Terpadu Inshafuddin Banda Aceh, kegiatan kependidikannya mempunyai Visi dan Misi :

Visi : “Mewujudkan Insan Yang Unggul Dalam Sains Dan Tehnologi Berdasarkan Iman dan Taqwa (IMTAQ)”.

Misi : “Melaksanakan Pembelajaran dan Bimbingan Yang Efektif dan Efesien,Meng

arahkan palajar Untuk Berkembang Secara Oftimal, Cerdas, Sehat dan Ber

akhlakul  Karimah, Menumbuhkan Semangat Berprestasi  Dan Mampu ber

saing Dalam dan Luar Negeri, Mengembangkan Kreatifitas Secara Mandiri,

Lingkungan Yang Santun Dan Mendapat Ridha Allah SWT. Serta

Menerapkan  Sistim Pembelajaran Parsitifatif Bagi Semua Pelajar Dalam

Mengamalkan Syari’at Islam dan Ber’aqidahkan Ahlussunnah Wal Jama’ah.

PROSES BELAJAR MENGAJAR

Dalam mewujudkan visi dan misi tersebut, Dayah Terpadu Inshafuddin dalam opersionalnya menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan sistim kurikulum Terpadu kombinasi antara kurikulum Pendidikan Nasional yang telah diterapkan oleh Kementrian Pendidikan Pusat dan Dinas Pendidikan Daerah dan Kurikulum Dayah Salafiyah,sepertimana  yang telah termaktub dalam Peraturan Gubernur Aceh (PERGUB)  Nomor 47 Tahun 2010 Tentang Pendidikan Dayah Di Aceh BAB IV Tentang Kurikulum Dayah,  Pasal 6 Termaktub :”Kurikulum yang digunakan pada Lembaga Dayah adalah kurikulum yang berbasis Pondok Pesantren sebagaimana yang dimak sud dalam Peraturan Gubernur ini, ditambah kurikulum Daerah dan Nasional.

Baik kurikulum Tsanawiyah (Wusta) yang disebut dalam pasal 8 dan Kuriku    lum ‘Aliyah yang disebut dalam Pasal 9. PERGUB tersebut, PERGUB ini telah   diterapkan kepada pelajar Salafiyah SMP dan SMA Dayah Terpadu Inshafuddin Banda Aceh ini.

Bapak Gubernur dan hadirin yang kami muliakan.

Dayah Terpadu Inshafuddin dalam operasionalnya selain menerapkan kurikulum yang telah disebutkan ditambah pula dengan berbagai ilmu ketrampilan, seperti menjahit, komputer, latihan bahasa Arab dan bahasa    Inggris dan latihan berpidato (Muhadharah) dan Pramuka juga ketrampilan dalam  bidang kesenian.

Al-Hamdulillah, Tahun 2009, 2010 dan Tahun 2011 ini sudah tiga Tahun ber  turut-turut SMA Inshafuddin Lulus seratus persen dalam Ujian Nasional dan SMP Inshafuddin lulus seratus persen Ujian Nasional 2011 ini. Di samping itu

SMA Inshafuddin termasuk dalam katagori Akreditasi A dan termasuk SMA unggul bagi Tahun 2010 dan 2011 tingkat Provinsi bagi SMA swasta.

Pada Tahun 2011 ini juga 12 orang  siswa SMA mendapat Undangan /tanpa  test Di Universitas Syiah Kuala Darusssalam. Dan  tiga orang siswa men dapat undangan ke POLITEKNIK Lhokseumawe.

Pelajar SMA yang ikut Ujian Nasional Tahun ini berjumlah 32 orang, adapun Pelajar SMP Inshafuddin yang ikut Ujian Nasional Tahun ini  berjumlah 68 Orang dan lulus semuanya (100%)

Kami Pimpinan, Pengelola serta Pengurus Dayah Terpadu Inshafuddin Banda Aceh, Keluarga Besar Organisasi Persatuan Dayah Inshafuddin Provinsi Aceh dan Ketua Umum Pembina Yayasan Inshafuddin, mengucapkan Syabas, Tahniah dan Setinggi-tinggi Penghargaan kepada :

Yang Berbahagia Dra Hajjah Nurnismah Binti Ismail Al-Su’udy selaku kepala SMA Dayah Terpadu Inshafuddin Yang telah berhasil mengharumkan nama SMA Inshafuddin diperingkat Nasional tiga Tahun berturut-turut dengan kelulusan 100%. Syabas dan Tahniah Ibu Nurnismah.

Juga Syabas dan Tahniah serta Penghargaan diucapkan kepada Ibu Kepala SMP yang baru Ibu Nurlaila yang telah Berjaya dengan cemerlang mencapai kelulusan 100% Ujian Nasional SMP pada Tahun ini.

Dayah Terpadu Inshafuddin bagi Tahun Pelajaran 2011/2012 semester ganjil Juli s/d Desember 2011 setelah proses Penerimaan Siswa Baru bagi Tahun Pelajaran 2011/2012 memiliki pelajar berjumlah 411 orang

Pelajar SMP putra/putri berjumlah  235 orang

Pelajar SMA putra/putri berjumlah  176 orang

Jumlah keseluruhan (total)  411 orang.

Adapun para Wisudawan/Wisudawati Salafiyah SMA berjumlah 25 orang , dan Wisudawan/Wisudawati SMP berjumlah 35 orang siswa , maka seluruhnya berjumlah 60 orang wisudawan/wisudawati yang diwisudakan pada Tasyakkur ke- XIII 2011 dari 100 orang yang dinyatakan lulus dan naik Kelas. Adapun sebagian pelajar yang tidak ikut Tasyakkur hari karena telah berada di luar kota dalam rangka melanjutkan studinya

Pelajar Baru yang kami terima pada Tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 186 0rang dengan perincian 3 kelas untuk Salafiyah SMP berjumlah 114 orang dan 2 klas untuk Salafiyah SMA berjumlah 72 Orang. Memandangkan Asrama tempat tinggal yang sangat terbatas dan juga lokal tempat belajar yang terbatas juga maka calon pelajar yang terpaksa kami.        

Kesan dan Pesan

“Adapun Kesan, adalah selama anda berada di Dayah Terpadu Inshafuddin Banda Aceh akan menjadi Nostalgia sepanjang hayat, dengan mendapat sahabat setia (suhbatun majidi) yang memang sebelumnya tidak pernah kenal-mengenal dengan anda, guru-guru, ustaz-ustazah yang menyayangi anda melebihi kasih sayang orang tua anda sendiri. Barang kali ada juga perbedaan kasih sayang seorang guru terhadap muridnya bagaikan  anak tiri dengan anak kandung.  

Manakala Pesan  :

  1. Jadilah anda seorang yang berilmu, atau seorang yang menuntut ilmu, atau seorang yang berada dalam majlis ilmu, janganlah kamu menjadi orang yang tidak menerima pandangan orang lain ia akan binasa.
  2. Hendaklah kamu seseorang pemuda yang kakimu terhujam ke lapis bumi yang ketujuh, akan tetapi cita-citamu setinggi bintang suraya.
  3. Amalkanlah ilmu yang telah anda miliki, ajarkan ilmu kepada orang lain ,ta’atilah kepada Allah dan RasulNya serta berbakti kepada dua Ibu Bapamu, Ibu adlalah bagaikan permaisuri Agung dan Bapa adalah sebagai Rajadiraja atau Yang dipertuan Agung bagi seorang anak dan tidak ada orang terlebih pandai di atas dunia ini bagi seorang anak, melainkan dua Ibu Bapa kandungnya, walaupun dipandang  hina oleh orang lain.
  4.  Jadilah anda anak-anak yang  shalih dan shalihah,yang berbakti kepada Agama, Negara dan Bangsamu, anak-anakku sekalian engkaulah bakal pemimpin  untuk masa depan.

Kepada Ibu Bapa dan Waris pelajar kami memohon kemaafan di atas segala kesalahan dan kesilapan dan kesalahfahaman kami ustaz-ustazah, guru-guru kami dan keluarga Besar Dayah Terpadu Inshafuddin dalam mendisplinkan para pelajar dan membimbing mereka kearah kecemerlangan. Kepada Bapak-Bapak/ Ibu Wali pelajar Kelas VI/III Salafiyah/SMA dan Pelajar kelas III Salafiyah SMP hari ini dengan resmi anak Bapak yang telah kami didik selama 6 atau 3 tahun kami serahkan baik-baik sebagaimana dulu kami terima baik-baik.

Dan kami memberi kelepasan kepada Ibu Bapak dan Waris pelajar untuk membawa pulang anak-anak sempena libur semester mulai hari ini Tanggal 18  Ju ni 2011 hingga tanggal 10 Juli 2011. Dan wajib kembali ke Asrama Dayah Terpadu Inshafuddin pada hari Sabtu Tanggal 09 Juli 2011 bagi pelajar lama. Tanggal 10 Juli 2011 wajib masuk Asrama bagi pelajar baru sesi 2011/2012 M.

Kami memohon kepada Bapak Gubernur atau yang mewakilinya, agar sudikiranya dan berkenan memberikan bimbingan dan arahan pada acara Tasyakkur Ke- XIII Tahun 2011 Dayah Terpadu Inshafuddin hari ini.

Kami mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan    dan mohon maaf  atas segala kesilapan. Yang baik datangnya dari petunjuk Allah, yang silap salah adalah dari kelemahan kami sendiri. Akhir kata billahi Taufiq wa aqwamuttariq.

 Wassalamu’alaikum    Warahmatullahi Wabarakaatuh.

Pimpinan Dayah Terpadu Inshafuddin

dto

Drs. Tgk. H. Zaini Abdul Hamid, MA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s